Agar Menulis Menjadi Lancar

Bagaimana agar menulis menjadi lancar? Kunci atasi masalah itu sesungguhnya ada dalam diri Anda. Bagi Anda yang tidak mau berpikir mencari solusi sendiri, tentu bisa belajar atau cari tahu dari solusi orang lain yang memiliki masalah yang sama. Begitu pun dengan masalah menulis.

Arda Dinata

_❤oOo❤_

PRODUKTIF MENULIS – Kali ini aku akan bercerita tentang bagaimana agar menulis menjadi lancar. Namun, sebelumnya, aku juga sudah pernah bercerita tentang: Menulislah dengan Cinta; Agar Menulis Selancar Bicara; Jejak Awal Merangkai Kata; dan Kata-Kata Itu Bikin Gairah Menulis, yang banyak merasa termotivasi menulis dengan membaca cerita tersebut. Lewat cerita yang aku tulis dan dibagi itu, aku bersyukur bisa merangsang pembaca punya keinginan untuk menulis. Tapi, ingat jadi penulis itu tidak hanya keinginan ya. Harus praktik menulis sekarang juga!

Oke, kali ini aku akan bercerita lagi tentang bagaimana agar menulis menjadi lancar. Bener nih mau baca ceritaku? Tapi, sebenarnya kamu pengen cerita materi menulis tentang apa sih? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya!

Anda memiliki kendala dalam menulis? Agar menulis menjadi lancar, ayo segera mencari tahu jalan keluarnya sehingga masalah tersebut segera teratasi. Mencari solusinya pada siapa? Jalan keluarnya bisa didapatkan dari siapapun. Sebab, sejatinya Tuhan memberikan suatu masalah pada hambanya itu sesuai kadar kesanggupannya masing-masing.

“Betul ngak? Ayo… ngaku!”

Semoga lewat cerita berikut ini, masalah dan kendala yang dihadapi dalam bidang tulis menulis dapat Anda temukan solusinya. Kalau tidak segera beritahuku biar nanti segera dicarikan solusinya.

Ingat ya! Adanya masalah itu jangan dihindari dan dibiarkan saja hingga berlarut-larut. Sebab, pada dasarnya adanya masalah itu akan mendewasakan diri seseorang.

BACA JUGA:  Rahasia Memulai Pekerjaan Menulis

“Oke, yuk… disimak ceritanya di bawah ini!”

**

Hari itu, aku telah siap untuk berbagi dunia kepenulisan dengan para mahasiswa kesehatan sebuah perguruan tinggi yang kampusnya itu berada di jantung Kota Bandung. Sementara, di luar sana matahari masih malu-malu menyapa penduduk bumi. Membuat kehangatan pancarannya yang menyehatkan itu dirindukan banyak orang.

Aku menikmati suasana kampus yang masih sedikit lenggang dari lalu-lalang para mahasiswanya itu. Acaranya sendiri masih dimulai 30 menit ke depan. Aku sengaja datang lebih awal agar bisa menikmati lingkungan kampus yang sejuk dan terlihat asri itu. Setelah puas berjalan-jalan keliling menikmati udara sehat kampus tersebut, sejurus kemudian aku langsung menuju ruangan yang akan dijadikan tempat acara pelatihan kepenulisan bagi para mahasiswa kesehatan tersebut.

Panitia tersenyum menyambut kedatanganku dengan penuh hormat. Dan aku melihat isi ruangan pun sudah terlihat terisi deretan para mahasiswa yang duduk bergerombol bersama kelompoknya masing-masing.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!