Inspirasi MenulisMotivasi MenulisTip Menulis

Ingin Tahu, Ibu, dan Sumber Ilmu

“Ingin tahu, ibu, dan sumber ilmu merupakan paduan kata yang begitu istimewa. Sebab, sosok ibu adalah sosok yang tak terlupakan. Wajah dan kasih sayangnya akan terus terbayang. Senyumnya tidak akan habis karena terus dibagikan secara ikhlas pada anak-anaknya. Ibulah sumber ilmu kehidupan seorang anak. Ilmunya mulai dari bangun tidur sampai dengan tidur lagi. Ibulah sesungguhnya pemilik rahim ilmu yang kita miliki saat ini.” 

~ Arda Dinata~

Oleh: Arda Dinata

PRODUKTIF MENULIS – Rasa ingin tahu, ibu, dan sumber ilmu, tentu tidak terbantahkan. Mari kita buktikan bersama-sama dan semua ini sangat bermakna untuk dipahami oleh setiap penulis. Bukankah, setiap penulis itu harus ada dalam jiwanya rasa ingin tahu itu merupakan ibu sumber segala ilmu, termasuk inspirasi dalam menulis.

Pagi buta, seorang ibu sudah terbangun menyiapkan kebutuhan untuk keluarganya. Rasa kantuk yang menyerangnya dapat ditepiskan dan dikalahkan oleh rasa tanggungjawab yang harus dia tunaikan demi kemuliaan keluarga, suami dan anak-anaknya. Aktivitas rutin paginya, siap dia lakoni mulai dari menyiapkan sarapan buat anggota keluarga, pakaian yang akan dipakai anaknya, membersihkan rumah, dan aktivitas rutin lainnya.

Aktivitas seperti itu, dia lakukan bukan sekali dua kali. Tapi, seumur hidupnya. Sampai anak-anaknya mandiri. Dan bahkan walau anak-anaknya sudah mandiri, rasa kasih sayang seorang ibu itu tidak akan luntur dan hilang. Hatinya begitu mulia dan ikhlas demi anak keturunannya. Sungguh mulia sosok ibu ini.

Berbicara ibu dan ilmu, saya kira kedua kata tersebut memiliki keterkaitan yang luar biasa. Ibu itu, tidak diragukan lagi akan pusat ilmu pengetahuan pertama bagi anak-anaknya.

Jadi, bagi Anda kaum laki-laki yang mau cari pasangan hidup, maka harus betul-betul mencari sosok perempuan yang memiliki sifat keibuan yang bisa membimbing calon anak-anaknya. Makanya, seorang ibu harus mampu dan terus menambah ilmunya sepanjang hidupnya.

BACA JUGA:  Terpesona Membuatku Menulis

Selanjutnya, cara yang mudah untuk mendapatkan ilmu baru adalah dengan cara bertanya. Peliharalah selalu rasa ingin tahu dalam pikiran Anda, karena hal itulah merupakan ibu segala ilmu.

Dengan bertanya kita akan mendapatkan informasi jawaban dari setiap yang kita tanyakan. Era informasi seperti saat ini, tentu banyak sarana yang bisa kita tanyakan tentang apa yang ingin kita ketahui.

Jadi, banyak-banyaklah Anda bertanya kepada sumber yang tepat. Biar informasi yang kita dapatkan itu benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

One thought on “Ingin Tahu, Ibu, dan Sumber Ilmu

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!