Agar Menulis Selancar Bicara

Agar menulis selancar bicara, menulislah apa yang kita kuasai, senangi, dan pengalaman yang ada di dalam otak. Jangan menulis sambil berpikir. Menulis ibarat menuangkan isi cairan dari dalam teko ke dalam gelas. Untuk itu, sebelum menulis disarankan untuk banyak membaca dan membaca.

Arda Dinata

Oleh: Arda Dinata

PRODUKTIF MENULIS – Setiap kita pasti ingin agar menulis selancar bicara, maka latih terus dengan sering menulis setiap hari secara rutin. Ibarat wadah, pikiran kita itu dapat diisi apa saja.

Untuk itu, agar apa yang keluar dari wadah (pikiran) kita itu isinya berkualitas dan bermanfaat bagi orang lain, maka isilah pikiran kita dengan isi yang berkualitas dan sarat manfaat. Yakni biasakan selalu isi pikiran kita dengan ilmu, lewat bacaan-bacaan yang berkualitas, dan mengambil ibroh serta pelajaran dari kehidupan di sekeliling kita.

Sejalan dengan kualitas pembacaan pikiran kita yang dilakukan setiap hari, maka kualitas bahasa lisan dan tulisan kita pun akan sebanding dengan informasi yang masuk dalam pikiran kita tersebut. Jadi, baca, baca, dan baca terus agar bahasa lisan dan tulisan kita makin lancar dan berkualitas lagi sarat manfaat.

Berikut ini, ada beberapa saran agar menulis selancar bicara, yaitu:

1. Menulis isi hati dan pikiran

Agar menulis selancar bicara maka menulislah isi hati dan pikiran
Ilustrasi, biasakan menuliskan isi hati kita (Sumber foto: unsplash.com/@sharonmccutcheon).

Tips pertama ini dapat Anda coba. Tulislah apa-apa yang ada dalam isi hati dan pikiran kita. Tidak usah mikir macam-macam, tulis terus dan curahkan apa yang ada dalam isi hati dan pikiran kita. Menulislah tanpa berpikir apa yang akan dituliskan, tapi cukup menuliskan saja sesuai isi hati dan pikiran. Saya yakin hasilnya Anda akan menulis dengan tanpa beban dan menjadi lancar!

BACA JUGA:  Agar Menulis Menjadi Lancar

2. Menulis tema tulisan yang dikuasai

Agar menulis selancar bicara, maka menulislah tema tulisan yang dikuasai
Ilustrasi, menulislah sesuai tema yang kita kuasai kalau ingin lancar menulis (Sumber foto: unsplash.com/@jimmydean).

Jangan menulis apa yang tidak kita ketahui dan kuasai. Itulah saran dari para penulis senior. Sebab, dapat ditebak hasilnya, Anda akan macet di tengah jalan ketika menulis. Untuk itu, menulislah tema-tema tulisan yang telah Anda kuasai. Maka hasilnya Anda akan lancar menuliskannya, karena bahan tulisan yang ingin Anda sampaikan itu telah dikuasai.

3. Menulis pengalaman hidup.

Strategi Produktif Menulis bikin lancar dalam menulis
Buku ini berisi pengalaman hidup penulisnya tentang dunia menulis. Buku ini cocok banget untuk Anda yang ingin bisa menulis, tapi bingung bagaimana caranya agar bisa menulis dan produktif menghasilkan karya tulis.

Tiap orang punya pengalaman hidupnya masing-masing. Pengalaman hidup tiap orang itu unik dan belum tentu dialami oleh orang lain. Menulislah sesuai pengalaman hidup yang Anda alami sendiri. Maka rasakan hasilnya ketika menulis Anda seperti meng-ulangi kejadian tersebut dan Anda cukup bergairah menuliskan kembali sejarah hidup Anda. Begitu lancar dan mengalir.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

4 komentar pada “Agar Menulis Selancar Bicara

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!