Penulisan Tulisan dan Gaya Penulisan

Menulis itu jangan dibuat repot dan terbelenggu dengan gaya penulisan yang ada. Untuk itu, rajin-rajinlah membaca dan menikmati aneka tulisan dengan aneka gaya penyampaian sang penulisnya.

Dari aktivitas membaca aneka karya tulis dengan berbeda gaya penulisan tersebut, saya yakin Anda akan menemukan kenyamanan gaya penulisan khas Anda sendiri. Semakin Anda banyak membaca karya tulis berkualitas dan rajin berlatih membuat tulisan secara rutin, maka karakter tulisan Anda akan terbentuk sendiri.

Terkait meningkatkan gaya menulis Anda, ada tips dari (Brown, 2021) bahwa untuk menjadi penulis yang lebih baik, Anda perlu tahu bagaimna caranya menulis secara langsung dan jelas. Sambil menciptakan gaya penulisan khas Anda sendiri, Brown memberi 8 tips untuk meningkatkan gaya menulis Anda, yaitu:

  1. Bersikaplah langsung dalam tulisan Anda. Tulisan yang baik itu, jelas dan ringkas. Hilangkan kata-kata keterangan dan frasa preposisi yang tidak perlu.
  2. Pilih kata-kata Anda dengan bijak. Ada banyak cara untuk menulis kalimat, dan ada beberapa kata berbeda yang dapat Anda pilih untuk menyampaikan ide yang sama. Jadi, selalu pilih yang lebih sederhana dari dua kata tersebut.
  3. Kalimat pendek lebih kuat daripada kalimat panjang. Kalimat pendek lebih mudah dipahami, sesuatu yang dihargai pembaca. Hindari mencoba mengemas terlalu banyak kata dalam satu baris (kalimat).
  4. Menulis paragraf pendek. Jaga agar paragraf Anda tetap pendek dan mudah diatur. Masing-masing terdiri dari kalimat yang mendukung ide yang sama. Paragraf pendek itu lebih mudah dicerna dan membuat tata letak halaman yang menarik secara visual.
  5. Selalu gunakan kalimat aktif. Gunakan kalimat aktif dan patuhi struktur kalimat (subjek-verba-objek). Dengan kalimat aktif, subjek melakukan sesuatu. Ia lebih menggairahkan daripada kalimat pasif. Kalimat pasif itu, mungkin benar secara tata bahasa, teapi kalimat itu menciptakan kalimat panjang dan kompleks.
  6. Tinjau dan edit tulisan Anda. Kebiasaan mengoreksi draf pertama Anda harus menjadi langkah pertama dalam proses penyuntingan, sebelum Anda menyerahkan pada editor profesional.
  7. Gunakan nada percakapan yang alami. Gaya penulisan Anda bergantung pada suara Anda sendiri yang unik. Dengan kata lain, menulis seperti Anda berbicara.
  8. Baca penulis terkenal. Ambil buku apa pun dari penulis terkenal, misalnya dari penulis Mark Twain, dan Anda akan tahu itu tulisannya hanya dengan nada cerita dan kata-kata yang dia gunakan. Mempelajari bagaimana penulis lain menciptakan gaya mereka. Lalu, lakukan hal yang sama dengan tulisan Anda sendiri.
BACA JUGA:  Menulis di Media Massa Zaman Now

Semoga informasi terkait penulisan tulisan dan gaya penulisan ini bermanfaat. Salam sukses menulis dan selalu produktif menulis.

Akhirnya, saya punya keyakinan, bagi Anda yang sudah membaca tulisan di blog www.ProduktifMenulis.com ini, harusnya sudah termotivasi membuat tulisan sesuai minatnya. Untuk itu, silahkan tulis di kolom komentar ya. Tulisan apa saja yang sudah Anda tulis?

Arda Dinata adalah Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia. Penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , http://www.produktifmenulis.com, https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Strategi Produktif Menulis
Buku ini berisi pengalaman hidup penulisnya tentang dunia menulis. Buku ini cocok banget untuk Anda yang ingin bisa menulis, tapi bingung bagaimana caranya agar bisa menulis dan produktif menghasilkan karya tulis.

RAHASIA STRATEGI PRODUKTIF MENULIS.
Buku Agar Anda Jadi Penulis Produktif dan Kreatif!

“Mantap Nih Buku, Ditulis Penulis Hebat. Great…! ” (Prof. Ersis Warmansyah Abbas, Penulis 31 Buku Tentang Menulis dan Dosen FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)

“Saya suka menulis, walaupun masih sangat terbatas. Tapi dengan adanya buku “Strategi Produktif Menulis” ini saya bisa belajar banyak dari ahlinya. Dan ini yang membuat saya lebih bersemangat lagi untuk bisa menulis. Terima kasih banyak Kang Arda, sudah menginspirasi & memotivasi. Terus berkarya, sukses selalu.”(Erni Farida, Guru).

“Pak Arda bukunya bangus, selamat ya sudah terbit bukunya. Materinya sangat menginspirasi. Saya baru sadar kalau menulis juga bisa menghasilkan.”(Yana Suryana, Penulis Buku).

“Selamat dan sukses Pak Arda. Bukunya sangat bagus sekali, silahkan kalau yang sedang membutuhkan, perlu inspirasi dan motivasi menulis. Tentunya buku ini bisa menjadi penolong. Sukses terus Pak Arda dan tetap membumi.”(Dr. Elanda Fikri, SKM., M.Kes, Dosen dan Penulis Buku).

“Buku ini sangat menginspirasi bagaimana membuat tulisan yang baik dan aktual. Buku ini, telah menumbuhkan semangat kepada saya untuk terus menulis. Dalam tiap lembar isi buku ini begitu banyak inspirasi dan motivasi yang membuat kita pasti segera ingin menulis. Terus terang, saya tidak bosan membaca berulang-ulang isi buku ini. Isi bukunya komplit dengan dilengkapi berbagai tips, trik, dan rahasia agar produktif menulis dari penulis senior, seperti: Ersis Warmansyah Abbas, Fauzil Adhim, Hernowo, Helvy Tiana Rosa, Ahmad Rifa’i Rif’an, Abu al-Ghifari, Ari Kinoysan, Bambang Trim, Pipiet Senja, Wawan Gunawan, Dwi Suwiknyo, dll.”(Budi Imansyah S., AMKL., Sanitarian).

Anda ingin menjadi penulis sukses, ikuti terus tulisan seputar dunia tulis menulis secara rutin di leman website PRODUKTIF MENULIS di  www.ProduktifMenulis.com ya! Dan Untuk Pemesan Buku Strategi Produktif Menulis Tersebut, Bisa Langsung Klik Obrolan di WhatsApp di bawah Ini:

================================

BACA JUGA:  Inspirasi Itu Sesuatu Dalam Menulis

_❤oOo❤_

Arda Dinata adalah Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia. Penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di

https://insanitarian.com/ ,

http://www.produktifmenulis.com,

https://ardadinata.com/, dan

https://www.miqraindonesia.com/

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

2 komentar pada “Penulisan Tulisan dan Gaya Penulisan

  • 29 Juli 2022 pada 4:06 PM
    Permalink

    makasih banyak, jadi nambah ilmu

    Balas
    • 2 Agustus 2022 pada 7:59 AM
      Permalink

      alhamdulillah… salam sehat dan sukses selalu… aamiin…

      Balas

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!