Penulisan Tulisan dan Gaya Penulisan

Penulisan tulisan dan gaya penulisan merupakan dua hal yang selalu bermesraan dalam bentuk berkomunikasi tertulis (tulisan).

Ada empat kategori gaya yang umum dalam sebuah tulisan, yaitu penulisan ekspositori, deskriptif, naratif, dan persuasif.

(Brown, 2021)
Oleh: Arda Dinata

PRODUKTIF MENULIS – Penulisan tulisan itu merupakan representasi dari diri penulisnya. Setiap penulis, sejujurnya memiliki gaya penulisan tersendiri dalam mengungkapkan ide yang ditulisnya. Dan gaya menulis itu akan menyesuaikan dengan sasaran pembaca dari tulisan tersebut.

Penulisan tulisan itu berarti cara seorang penulis dalam menuliskan idenya secara tertulis yang sesuai dengan tata cara dalam tulisan bahasa Indonesia. Misalnya, bagaimana penggunaan tanda titik, koma, tanda petik, dan yang lainnya dalam sebuah tulisan.

Terkait hal itu, bagi Anda yang ingin belajar menulis dengan benar dapat mengaplikasikan ajaran dari buku Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Inilah pedoman terbaru yang digunakan secara resmi dan formal dalam penulisan bahasa Indonesia.

Gaya Penulisan

Berbicara gaya penulisan, menurut Brown (2021) ada empat kategori gaya yang umum dalam sebuah tulisan, yaitu penulisan ekspositori, deskriptif, naratif, dan persuasif. Berbagai jenis gaya penulisan ini dibedakan berdasarkan tujuannya.

Lebih jauh, Brown (2021), seorang instruktur kelas master penulisan dunia menyampaikan untuk gaya penulisan ekspositori digunakan untuk menyampaikan fakta dan informasi daripada mendongeng. Contoh penulisan ekspositori antara lain buku non fiksi, penulisan ilmiah, penulisan teknis, dan penulisan artikel. Inilah gaya penulisan pertama, gaya penulisan ekspositori.

Menulis Itu Melahirkan Pikiran
Ilustrasi: Buku ini sebagai buah aktivitas menulis dari keseharian hidup inilah yang saat ini terus saya lakukan. Menulis sesuatu hikmah kehidupan (Dok. Penulis).

Contoh tulisan saya sendiri yang dominan menggunakan gaya penulisan ekspositori ketika menulisnya, dapat dibaca dalam buku:  Kesehatan Lingkungan, Manusia dan Lingkungan, Bersahabat dengan Nyamuk, Rahasia Daya Tahan Hidup Nyamuk Demam Berdarah, dan artikel yang saya tulis di www.insanitarian.com .

A Group Member of:
Toko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA
2 Comments

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!