Terpesona Membuatku Menulis

Terpesona membuatku menulis. Segala hal yang membuat aku terpesona sungguh sangat menggairahkan bagiku untuk menuliskannya. Untuk itu, saya suka menyarankan kepada mereka yang akan belajar menulis adalah dengan menuliskan hal-hal yang membuat hati terpesona melihatnya. Sebab, hal itu akan melancarkan kita dalam menuliskan hal tersebut.

-Arda Dinata-

Oleh: Arda Dinata

PRODUKTIF MENULIS – Dalam hidup ini, begitu banyak hal yang membuat hati kita terpesona. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata terpesona adalah kena pesona (guna-guna). Arti lainnya dari terpesona ialah terkena daya tarik terhadap apa yang kita lihat dan rasakan.

Ada banyak padanan kata yang bisa kita mainkan dalam menggunakan kata terpesona tersebut. Bisa dengan kata: heran, kagum, silau, takjub, tergeleng-geleng. Bisa juga dengan ungkapan kata: gandrung, jatuh cinta, kasmaran tercantol, terpaut, terpikat, terpincut, terpukau, tertambat, tertarik, tertawan, tersengsem. Bahkan, bisa menggantinya dengan kata: bertuah, tergayung, terpelet, tersirep, dan tertenung.   

Berbicara terpesona yang membuat seseorang menarik, umumnya disebabkan seseorang itu menjadi menarik ketika mereka memiliki komentar, ide, kebiasaan, atau praktik yang belum pernah Anda lihat, dengar, atau alami secara pribadi.

Kondisi tersebut, seperti yang saya alami pagi ini. Ketika saya menuju bengkel kerja Rumah Maggot BSF, mata ini terpesona dengan indahnya bunga-bunga di taman yang terlewati.

Terpesona Membuatku Menulis
Deretan bunga warna-warni itu, begitu aku jatuh cinta terhadapnya. Sejauh mata memandang, hati ini menjadi riang gembira dibuatnya (Arda Dinata).

Deretan bunga warna-warni itu, begitu aku jatuh cinta terhadapnya. Sejauh mata memandang, hati ini menjadi riang gembira dibuatnya.

Sorot matahari pagi menambah bercahayanya warna yang keluar dari bunga-bunga di taman itu. Perpaduan aneka warna yang begitu kontras meluluhkan hati untuk terus berucap syukur atas nikmat yang begitu indah itu.

Hembusan angin pagi yang menghampar di taman-taman berbunga itu membuat semangat hidup terus membara. Kebersamaan itu sungguh indah. Butiran-butiran warna yang tersaji dari daun-daun dan bunga yang terjadi memberikan banyak inspirasi hidup agar terus selalu berbagi.

BACA JUGA:  Bagaimana Kiat Tulisan Menjadi Bagus?

Hidup berbagi membuat kenikmatan itu tersebar meluas seisi bumi. Begitu menggairahan, menghidupkan, dan menginspirasi bagi siapa pun yang mau berpikir.

Membuatku Menulis

Secara psikologi, pemikat seseorang menjadi terpesona, antara lain disebabkan oleh minat mendalam, ketertarikan, atau pesona dengan seseorang, objek, aktivitas, atau fenomena. Untuk itu, terkait dunia tulis menulis, adanya hal-hal yang membuat kita terpesona merupakan sumber inspirasi dalam menulis.

Terpesona membuatku menulis, bukanlah hal yang mengada-ada. Sebab, bagi saya hal yang membuat hati ini menjadi terpesona akan menggairahkan dan sumber inspirasi yang tidak akan habis kita tuliskan.

Kita bisa menulis dari berbagai sisi tentang hal-hal yang membuat seseorang terpesona itu. Ambil contoh, hari ini saya terpesona dengan keindahan dan aneka warna bunga-bunga yang ada di taman.

Lewat keindahan warna bunga di taman, bisa kita menuliskan terkait warna. Mulai dari arti warna, filosofi, makna warna dalam hidup dan sejuta hal lain terkait warna ini. Atau kita bisa menuliskan hubungan warna dengan gairah dalam bekerja; terapi warna dalam kesehatan;  dan hal lainnya yang bisa digali dari kata warna itu.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!