Bagaimana Kiat Tulisan Menjadi Bagus?

“Semakin sering orang menulis dan semakin sering pula orang memikirkan tulisannya, semakin bagus jualah karyanya.” 

Hal itu, ternyata diamini juga oleh Hernowo, penulis Mengikat Makan, dalam bukunya Andaikan Buku Itu Sepotong Pizza,

“Saya sebenarnya malu untuk mengakui hal ini. Kadang, saya tak lelah-lelah dan tak jemu-jemu membaca berulang-ulang tulisan-tulisan mentah saya. Mungkin, bisa jadi, ada yang saya baca kembali hingga lima atau tujuh kali. Apakah karena kecenderungan saya membaca ulang, hingga beberapa kali, tulisan saya itu lantas saya ingin agar tulisan saya menjadi bagus? Entahlah.”

Itulah ungkapan Hernowo dalam bukunya yang begitu mengalir ketika dibaca.

Itulah di antara kiat yang bisa dilakukan agar tulisan kita menjadi bagus. Semakin kita terus membaca, menulis, dan membaca lagi, menulis lagi, maka otot-otot kecerdasan menulis itu akan terus tergali dan terpelihara, sehingga tulisan yang dihasilkan semakin bagus dan berkualitas. Akhirnya, saya berharap tulisan ini memberi manfaat bagi Anda dan semoga kita terbiasakan dalam budaya membaca-menulis setiap hari.

======

Anda ingin menjadi penulis sukses, ikuti terus tulisan saya seputar dunia tulis menulis secara rutin di leman website PRODUKTIF MENULIS di  www.ProduktifMenulis.com ya! Caranya klik whatsApp di bawah ini:

Arda Dinata adalah Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia. Penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di

https://insanitarian.com/ ,

http://www.produktifmenulis.com,

https://ardadinata.com/, dan

https://www.miqraindonesia.com/

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!