Cerita Sang PenulisMotivasi MenulisTip Menulis

Inspirasi Itu Sesuatu Dalam Menulis

“Inspirasi itu sesuatu dalam menulis. Datanglah ke pasar, banyak inspirasi akan bermesraan dengan sang penulis. Begitu menginjakkan kaki di parkiran pasar sampai masuk di pasar, ide menulis akan bermunculan untuk meminta segera dituliskan.”
~Arda Dinata~

PRODUKTIF MENULIS – Pasar menciptakan ceritanya sendiri. Aneka ide tergali dari sisi-sisi pasar yang terjadi. Aneka rezeki tersebar bagi yang mampu meraihnya. Saya pun dibuat terpana dengan sejumlah kejadian yang begitu membahana di pasar pagi ini.

Setiap kejadian atau fenomena yang terjadi bagi sang penulis menjadi pelatuk yang menggairahkan untuk mengembangkan menjadi tulisan secara utuh. Apapun ide yang didapat itu telah menjadi modal dalam membuat sebuah tulisan.

Walaupun hanya dengan ide yang jumlahnya hanya sebuah kata atau kalimat, bagi sang penulis itu akan menjadi sesuatu yang dapat dikembangkan menjadi sebuah artikel, cerita, dan puisi secara utuh. Catatan-catatan ide itulah yang kemudian dapat dikembangkan oleh penulis menjadi sebuah tulisan utuh yang bisa dinikmati oleh pembacanya.

Sebagai contoh dari inspirasi di pasar tersebut, kita bisa menulis bagaimana sistem ekonomi berjalan di pasar. Bagaimana luapan rezeki yang melimpah di pasar dikaitkan dengan ajaran agama (Islam). Atau suka duka pedagang di pasar tradisional di tengah menjamurnya supermarket di daerah. Dan masih banyak lagi tema lainnya bagi Anda yang mau menggali secara kreatif.

Kisah yang dituturkan para pedagang di pasar, bila digali dengan baik ada banyak ide yang menyentuh jika dituliskan dengan baik (Sumber foto: unsplash.com/@deviyahya).

Bisa juga kita menuliskan kisah yang dituturkan oleh para pedagang. Rangkaian kisah yang menyentuh, bila kita tuliskan tentu akan menghasilkan tulisan yang menyentuh bagi para pembaca. Apalagi tulisan cerita itu kita tambahkan dengan refleksi, hikmah dan aneka motivasi kehidupan, tentu hasil akhir tulisan tersebut semakin kaya manfaat dan enak dibaca.

BACA JUGA:  Menulis Memberdayakan Diri

Masih banyak hal-hal kecil menurut kita, ternyata kalau kita kreatif justru hal itu bisa diangkat menjadi sebuah tulisan yang menarik. Tulisan akan menarik bila kita tulis dengan nilai-nilai kejujuran dan makna kehidupan yang bisa direfleksikan dan menjadi renungan bagi para pembaca. Tulislah ide-ide yang kita dapatkan dengan pendekatan hikmah, buktikan hasilnya akan terasa di hati para pembaca.

Nilai-nilai kejujuran dari aktivitas di pasar, bila ditulis dengan penuh makna akan menjadi tulisan yang menarik (Sumber foto: unsplash.com/@deviyahya)

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!