Motivasi MenulisTip Menulis

Anda Ingin Produktif Menulis?

“Anda ingin produktif menulis? Gampang, sebab banyak ide dalam pikiran dapat membuat Anda produktif dalam menulis. Sebab, ide dalam pikirannya saling berebutan menunggu untuk segera dituangkan menjadi tulisan. Ada tiga cara agar produktif menulis yaitu niat, target, dan paksa diri.”

Arda Dinata

Oleh: Arda Dinata

PRODUKTIF MENULIS Ide dan produktif menulis ialah dua kata yang begitu hidup dalam memotivasi seseorang untuk menulis. Betapa tidak? Sebab, dengan adanya ide tulisan, seseorang dapat memulai menulis menuangkan ide yang ada dalam pikirannya.

Begitu pun dengan banyaknya ide dalam pikiran, dapat membuat Anda produktif dalam menulis. Sebab, ide dalam pikirannya saling berebutan untuk menunggu segera dituangkan menjadi tulisan oleh sang pemilik ide tersebut.

Keberadaan ide ini sangat menunjang dalam melahirkan tulisan yang menarik. Melalui ide itulah, seorang penulis produktif memulai merangkai kata menjadi tulisan yang hidup, menarik, dan kaya makna.

Lalu, bagaimana seorang penulis itu menemukan ide tulisannya dan menjadi produktif?

Melatih Diri

Ide itu nyawa bagi seorang penulis. Pada prakteknya, ide itu adalah sebuah seni memanfaatkan pengalaman masa lalu, pengalaman hari ini, dan pemikiran atau imajinasi pada masa depan.

Dalam pandangan teman saya, Jonru, seorang yang banyak membidangi pelatihan menulis, mengungkapkan kalau ide itu datang sendiri tak terduga. Datang setelah kita melakukan sesuatu (baca buku, nonton film, jalan-jalan, mengalami kejadian yang luar biasa, dst.). Ide juga dapat dicari lewat referensi tertentu, berdasarkan ucapan atau pendapat orang lain, dan masih banyak lagi.

Bila Anda sudah tidak ada masalah dengan ide menulis, maka seharusnya Anda adalah seorang penulis yang produktif. Tapi, nyatanya tidak demikian. Banyak orang yang memiliki ide begitu banyak, namun sangat minim karya tulis yang dihasilkan. Semoga Anda dan saya tidak termasuk golongan tersebut. Aamiin….!

Anda Ingin Produktif Menulis?
Ilustrasi selain kita telah berdakwah lewat tulisan. Kita juga akan mendapatkan imbalan materi. Besarnya honorarium tergantung kebijaksanan redaksi surat kabar yang bersangkutan, berkisar antara Rp. 50.000 sampai 200.000 rupiah per tulisan (puisi, cerpen, artikel, resensi buku, dll), bahkan lebih (Dok. Penulis).


Dalam buku karya saya yang berjudul “Teknik Menulis Artikel Kesehatan”, diuraikan secara detail bahwa ada tiga cara yang dapat dilakukan agar kita produktif menulis.

BACA JUGA:  Catatan Itu Melanggengkan Daya Ingat

 #1. Niat.
Ya, cara pertama kita harus mempunyai niat kuat untuk selalu menulis. Setiap penulis pasti punya niat yang berbeda untuk menulis. Intinya, tumbuh suburkan niat kuat untuk selalu menulis.

#2. Target.
Tetapkan target berapa tulisan yang dihasilkan tiap hari, minggu, bulan, dan tahun.

#3. Paksa diri.
Walaupun sesuatu yang dipaksa itu kadang kala kurang mengenakan. Tapi, dengan memaksakan diri untuk menulis tiap hari merupakan solusi tepat untuk penulis yang selalu tergantung pada mood.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

One thought on “Anda Ingin Produktif Menulis?

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!