Inspirasi MenulisMotivasi MenulisTip Menulis

10 Aturan Menulis Fiksi Ala Elmore Leonard

Inilah 10 aturan menulis fiksi ala Elmore Leonard yang wajib diketahui oleh para calon penulis fiksi. Walau aturan ini tidak baku, tapi sangat membantu bagi mereka yang ingin menulis fiksi. Dipuji oleh kritikus untuk realisme berpasir dan dialog yang kuat. Realisme dalam seni umumnya merupakan upaya untuk mempresentasikan materi pelajaran secara jujur, tanpa artifisial dan menghindari fiksi spekulatif dan unsur supernatural.

Oleh: Arda Dinata

PRODUKTIF MENULIS – Leonard ini, kadang-kadang mengambil kebebasan dengan tata bahasa untuk mempercepat cerita. Tata bahasa itu merupakan seperangkat aturan struktural bahasa. Ini mencakup struktur kata, frasa, klausa, kalimat, dan keseluruhan teks.

Elmore Leonard disebut “The Dickens of Detroit” karena potrer intimnya tentang orang-orang dari kota itu, meskipun dia berkata, “Jika saya tinggal di Buffalo, saya akan menulis tentang Buffalo.” Buffalo adalah kota terbesar kedua di negara bagian New York AS dan pusat Erie Country.

Maksud dari Dickens adalah Charles John Huffam Dickens. Ia adalah seorang penulis dan kritikus sosial Inggris. Dia menciptakan beberapa karakter fiksi paling terkenal di dunia dan dianggap oleh banyak orang sebagai novelis terhebat di era Victoria.

Elmore John Leonard Jr. (11 Oktober 1925-20 Agustus 2013), tidak lain merupakan seorang novelis, penulis cerita pendek, dan penulis skenario Amerika Serikat. Novel-novelnya yang paling awal, diterbentikan pada 1950-an adalah karya fiksi western, dengan genre sastra yang terletak di perbatasan Barat Lama Amerika. Tetapi, ia kemudian mengkhususkan diri dalam fiksi kriminal (fiksi kejahatan, cerita detektif, misteri pembunuhan, novel misteri, dan novel polisi) dan thriler ketegangan (keadaan mental yang tidak pasti, cemas, bimbang, atau ragu-ragu).

Dalam sebuah karya dramatis, ketegangan adalah antisipasi hasil plot atau solusi untuk ketidakpastian, teka-teki, atau misteri, terutama karena mempengaruhi karakter untuk yang memiliki simpati. Namun, ketegangan ini tidak eksklusif untuk tulisan fiksi.

BACA JUGA:  Tiktok Marketing dan Cara FYP Tiktok

Banyak karya Elmore Leonard ini yang telah diadaptasi menjadi film. Di antara karyanya yang paling terkenal adal Get Shorty (novel tahun 1990 dan pada tahun 1995, novel ini diadaptasi menjadi film dengan judul yang sama. Baru pada tahun 2017 diadaptasi menjadi serial televisi dengan judul yang sama); Out of Sight (novel fiksi kriminal terbit tahun 1996);

Ada juga karya lainnya, yaitu: Swag (novel kriminal pertama kali terbit tahun 1976 dan sejak itu dirilis juga sebagai rekaman audio. Edisi paperback diterbitkan dengan judul alternatif Ryan’s Rules); Hombre (novel terbit tahun 1961. Lalu, diadaftasi menjadi film tahun 1967); Mr. Majestyk (naskah film ini ditulis tahun 1974 yang disutradarai oleh Richard Fleischer); dan Rum Punch (novel terbit tahun 1992 dan diadaptasi mejadi film Kackie Brown tahun 1997 yang disutradarai oleh Quentin Tarantino).

10 Aturan Menulis Fiksi

Bagi Elmore Leonard, menggunakan kata keterangan adalah dosa besar. Inilah 10 aturan menulis fiksi ala Elmore Leonard yang wajib diketahui dan dipahami oleh para penulis fiksi.

Seperti dilansir laman The Guardian, ada 10 aturan menulis fiksi ala Elmore Leonard, yaitu:

  1. Jangan pernah membuka buku dengan cuaca

Jika itu hanya untuk menciptakan suasana, dan bukan reaksi karakter terhadap cuaca, Anda tidak harus berlama-lama. Pembaca cenderung pergi ke depan mencari orang. Ada pengecualian, jika Anda adalah Barry Lopez, yang memiliki lebih banyak cara daripada orang Eskimo untuk menggambarkan es dan salju dalam bukunya Arctic Dreams, Anda dapat melakukan semua pelaporan cuaca yang Anda inginkan.

  1. Hindari prolog

Hindari prolog: mereka bisa mengganggu, terutama prolog setelah pendahuluan yang muncul setelah kata pengantar. Tapi, ini biasanya ditemukan dalam non-fiksi. 

BACA JUGA:  Agar Menulis Selancar Bicara

Prolog dalam novel adalah cerita latar, dan Anda dapat memasukkannya ke mana pun Anda mau. Ada prolog di Sweet Thursday karya John Steinbeck, tapi tidak apa-apa karena karakter dalam buku ini menunjukkan maksud dari semua aturan saya. 

Dia berkata: “Saya suka banyak bicara dalam sebuah buku dan saya tidak suka tidak ada yang memberi tahu saya seperti apa pria yang berbicara itu. Saya ingin mengetahui seperti apa dia dari cara dia berbicara.”

  1. Jangan pernah menggunakan kata kerja, selain “berkata” untuk melakukan dialog

Garis dialog milik karakter; kata kerjanya adalah si penulis menancapkan hidungnya. Tapi “berkata” jauh lebih tidak mengganggu daripada “menggerutu”, “terengah-engah”, “berhati-hati”, “berbohong”. Saya pernah melihat Mary McCarthy mengakhiri dialog dengan “dia bersikeras” dan harus berhenti membaca dan membuka kamus.

  1. Jangan pernah menggunakan kata keterangan untuk mengubah kata kerja “berkata” … dia menegur dengan serius

Menggunakan kata keterangan dengan cara ini (atau hampir semua cara) adalah dosa berat. Penulis sekarang mengekspos dirinya dengan sungguh-sungguh, menggunakan kata yang mengalihkan perhatian dan dapat mengganggu ritme pertukaran. Saya memiliki karakter di salah satu buku saya menceritakan bagaimana dia digunakan untuk menulis roman sejarah “penuh pemerkosaan dan kata keterangan”.

  1. Jaga agar tanda seru Anda tetap terkendali

Anda diperbolehkan tidak lebih dari dua atau tiga per 100.000 kata prosa. Jika Anda memiliki bakat bermain dengan seruan seperti yang dilakukan Tom Wolfe, Anda dapat melemparkannya ke dalam genggaman.

  1. Jangan pernah menggunakan kata-kata “tiba-tiba” atau “semuanya kacau”

Aturan ini tidak memerlukan penjelasan. Saya perhatikan bahwa penulis yang menggunakan “tiba-tiba” cenderung kurang mengontrol penggunaan tanda seru.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!