Tip Menulis

Menjaring Inspirasi Menulis

“Kapan pun, kita bisa menjaring inspirasi menulis. Inspirasi menulis itu ada di mana-mana. Lewat sebuah inspirasi itu, kita bisa mulai menulis. Menulis itu mengungkapkan bahasa pikiran dan lisan. Apa yang ada dalam pikiran dan terucap lewat lisan adalah cukup menjadi modal untuk menulis.” 

~Arda Dinata ~

Oleh: Arda Dinata

PRODUKTIF MENULIS – Menjaring inspirasi menulis harus sering dilakukan oleh penulis. Sebab, inspirasi itulah modal yang akan memicu seorang penulis menuangkan buah pikirannya lewat tulisan yang utuh.

Lorong waktu itu telah menghasilkan banyak cerita. Pun demikian dengan pengalaman hidup seseorang bisa dibagikan lewat media tulisan. Bagi seorang penulis, menjaring inspirasi menulis lewat pengalaman hidup dari seseorang akan bikin memperkaya isi tulisannya.

Setiap kita pasti memiliki pengalaman hidup masing-masing yang unik dan tentu bisa dibagikan lewat bahasa tulisan. Saya punya keyakinan, apa pun pengalaman hidup Anda sesungguhnya layak dibagikan lewat bentuk tulisan.

Pengalaman yang negatif dapat kita bagikan dengan niatan untuk dapat menjadi pelajaran bagi siapa pun yang membacanya. Demikian juga dengan pengalaman positif yang kita bagikan akan berdampak pada meningkatkan motivasi hidup bagi yang membacanya.

Terkait dengan teknik mengungkapkan pengalaman dalam bahasa tulis, saya menyarankan cara menulisnya seperti ketika menjawab pertanyaan atas pertanyaan seseorang kepada kita. Atau tulislah sesuai dengan pengalaman yang kita alami.

Pokoknya, tulis saja terlebih dahulu dengan tanpa mengabaikan susunan kalimat. Menulislah selancar ketika kita berbicara. Masalah editing tulisan nanti ada waktunya sendiri. Yang penting apa yang kita ingin sampaikan semuanya telah tertuang dalam tulisan.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

One thought on “Menjaring Inspirasi Menulis

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!