Ingin Menulis, Inilah Kunci Rahasianya

Ingin menulis? Inilah kunci rahasianya untuk Anda:

“Kalau sedang menulis, rasa-rasanya seperti perempuan hendak melahirkan, tidak bisa ditahan-tahan lagi. Semuanya harus dikeluarkan segera.”

(Anand Krishna, penulis buku meditasi).

PRODUKTIF MENULISAnda ingin merasakan lancarnya menulis seperti Anand Krishna? Gampang, karena beliau telah berbagi rahasianya. Dalam suatu kesempatan, beliau mengungkapkan bagaimana ia dapat produktif menulis buku-bukunya, yaitu tidak lain disebabkan lebih karena yang akan ditulisnya itu memang sudah lama menempel di kepalanya.

Seluruh isi kepala yang menumpuk itu adalah buah dari ratusan buku yang telah dibaca sebelumnya dan tinggal dikeluarkan saja. “Kalau sedang menulis, rasa-rasanya seperti perempuan hendak melahirkan, tidak bisa ditahan-tahan lagi. Semuanya harus dikeluarkan segera,” katanya.

Apa hikmah yang bisa kita ambil dari pengakuan Anand Krishna itu? Yup, bener! Agar dapat menulis, kita harus banyak membaca.

Lebih-lebih menulis buku yang jumlahnya berpuluh-puluh halaman itu. Dalam hal ini, Zaim Uchrowi, kolomnis harian Republika, mengungkapkan bahwa membaca akan membuat kita kaya bahan. Kekayaan bahan akan memudahkan untuk menulis. Kuatnya isi tulisan sangat dipengaruhi oleh kekayaan bahan penulisnya.

Ada cerita yang relevan dengan tema ini. Suatu waktu, ada seorang penulis pemula bertanya pada penulis senior. “Bagaimana caranya agar saya dapat menulis” Jawaban yang didapatnya cukup sederhana. “Banyaklah membaca. Kalau kau banyak membaca, maka kau akan bisa menulis.”

Sederhana itukah? Ya…, rahasia bisa menulis adalah terlebih dahulu harus banyak membaca. Bagi seorang penulis, aktivitas membaca itu tidak hanya membaca teks-teks tertulis.

Tapi, lebih dari itu, seorang penulis juga harus rajin membaca “teks-teks” di sekitar kehidupannya. Seperti berbagai perilaku manusia, hewan, dan kejadian alam. Itu semua merupakan informasi yang bisa kita olah dan kemas menjadi sebuah tulisan bernilai. Asalkan kita mampu menuangkan rangkaian informasi itu dalam bentuk bahasa tulisan yang menarik dan memiliki makna bagi pembacanya.

Jadi, kalau kita ingin menjadi penulis (sukses) maka syarat pertama dan utama adalah memiliki kebiasaan membaca. Dan habitat membaca ini harus telah mendarah daging dalam perilaku kesehariannya.

BACA JUGA:  Kalimat Pembuka Tulisan yang Menarik

Sebab, bagaimana jadinya kalau kita sebagai penulis tidak banyak membaca. Tentu akan minim informasi yang akan disampaikan kepada pembaca, sehingga tulisan kita akan dangkal dan hambar. Tulisannya itu menjadi kering rasa dan tidak mengenakkan, seperti sebuah sayur tanpa garam.

Lebih jauh, membaca ini merupakan kata kerja bagi seorang penulis yang ingin sukses. Aktivitas membaca inilah yang akan memberikan inspirasi bagi lahirnya tulisan-tulisan berkualitas berikutnya.

Membacalah yang membuat seseorang bisa menjelajah isi dunia dengan minim modal. Yakni cukup modal kemamuan untuk membaca. Sehingga, kalau kita mau jujur, sesungguhnya membaca ini merupakan kunci kesuksesan seseorang dalam hidup ini.

Betapa pentingnya membaca dalam hidup manusia, hal ini terbukti dari ayat pertama Alquran yang diturunkan pada Nabi Muhammad saw adalah seruan membaca. “Iqra”. Perintah membaca itu, menurut Uchrowi bahkan turun lebih dulu dibandingkan ayat untuk mengesakan Allah yang merupakan prinsip dasar Islam.

Ayo…., bagi Anda yang telah banyak membaca, segera menuliskan pengalaman dari materi yang telah dibacanya untuk dibagaikan kepada orang lain. Apa pun bentuknya, segera tuliskan buah pikiran tersebut. Bukankah kita punya kewajiban untuk menyebarkan ilmu kepada orang lain agar bermanfaat, walau pun satu ayat?

Lalu, bagi Anda yang ingin bisa menulis dan belum membaca, maka segera jadikan membaca itu makanan sehari-hari bagi jiwa kita. Dan setelah aktivitas membaca itu dilakukan, maka segera menuliskannya untuk dibagikan kepada pembaca. Seperti layaknya seorang perempuan yang hendak melahirkan, tidak bisa ditahan-tahan lagi. Semuanya harus dikeluarkan, dituliskan, dituliskan, dan dituliskan.

Itulah sejatinya, rahasia agar Anda bisa menulis. Selamat menulis….!!!!

Arda Dinata, adalah Motivator di Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam [MIQRA] Indonesia.

================================

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

2 komentar pada “Ingin Menulis, Inilah Kunci Rahasianya

  • 3 April 2022 pada 9:52 PM
    Permalink

    Alhamdulillah….terima kasih…,setidaknya sudah dapat pencerahan..tentang kunci rahasia imenulis,ternyata jika ingin belajar menulis maka setidaknya harus suka dan rajin membaca…,

    Balas
    • 4 April 2022 pada 2:34 AM
      Permalink

      Sama-sama. Iya betul harus membaca. Baik yang tercetak maupun yang tertangkap oleh panca indera kita. Selamat menulis dan sehat bahagia selalu. Aamiin…

      Balas

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!