Catatlah Peristiwa Dalam Hidup

“Peristiwa itu sesuatu, maka catatlah peristiwa dalam hidup segera mungkin! Setiap kejadian hidup akan berarti bila kita mencatatnya. Sebab, catatan itu adalah bukti sejarah yang akan dipakai sebagai barang bukti.” 

~ Arda Dinata~

PRODUKTIF MENULIS – Catatlah peristiwa dalam hidup ini, sebab kehidupanmu itu adalah peristiwa sejarah. Untuk itu, tidak berlebihan bila kita mencatat peristiwa yang terjadi dalam hidup. Sebab hidup itu hanya sekali. Sekali terlewat, maka hilanglah moment tersebut.

Ayo, catatlah peristiwa dalam hidup sebagai pelajaran bagi siapa pun yang membacanya. Bisa jadi, catatan yang kita anggap sepele, padahal hal tersebut sangat bernilai dan bermanfaat bagi orang lain. Lagi pula, kalau bukan kita, lantas siapa yang mau mencatat sejarah hidup kita?

Apalagi, peristiwa itu hidup yang menghidupkan. Peristiwa itu sesuatu yang tidak boleh diabaikan. Peristiwa adalah pupuk kehidupan. Maka siramilah dan pelihara dengan bijaksana.

Kebijaksanaan itu tercermin pada respon kita dalam memaknai peristiwa. Ada banyak kebijakasanaan yang harus kita catat sebagai bahan renungan, introspeksi diri, dan evaluasi perjalanan hidup kita selama ini. Itulah yang dinamakan sikap dan perilaku sesungguhnya dari seseorang.

Mari kita maknai dengan benar setiap peristiwa itu. Bukankah sesungguhnya peristiwa itu menarik perhatian kita? Dasarnya, karena peristiwa itu pulalah yang menyebabkan segalanya tumbuh.

Buku hasil mencatat selama 35 hari di Kota Barus Kab. Tapanuli Tengah. Inilah bukuti, lewat mencatat peristiwa dalam hidup selam di Kota Barus tersebut, saya dapat membukukan apa yang sudah saya jalani (Dok. Penulis).

Pun, dengan diri ini. Pernah selama 35 hari di Kota Tua Barus Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara, saya mencoba mencatat semua peristiwa yang terjadi dan ditemui di daerah Etnis Pesisir Tapanuli Tengah ini. Entah itu terkait adat, budaya dan perilaku kesehatan masyarakatnya.

Akhirnya, lewat mencatat peristiwa dalam hidup selama di Kota Barus tersebut, saya dapat membukukan apa yang sudah saya jalani. Dan ternyata karya itu menjadi inspirasi serta kebaikan bagi yang membacanya.  Jadi, mari mencatatalah peristiwa dalam hidup!

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!