Menulis di Media Massa Zaman Now

Jadi, media massa ini terdiri dari dua jenis. Ada media massa cetak (koran, majalah, buku, dll) dan media massa elektronik (media online, ebook, radio, TV, film, dll).

Saya sendiri mengenal penyebutan nama media massa itu saat awal-awal belajar menulis. Waktu itu, para senior saya menyarankan untuk mengirimkan karya tulis yang telah dibuat tersebut dikirim ke media massa. Tepatnya, media koran dan majalah. Hanya dua media ini sarana awal-awal saya menguji kualitas dari tulisan yang sudah saya hasilkan.

Pada awalnya, banyak sekali tulisan saya yang ditolak dan tidak dimuat oleh media koran dan majalah tersebut. Namun, dengan tekad kuat dan keinginan agar tulisan dan nama saya terpangpang dimuat dalam koran dan majalah itulah, membuat saya terus belajar sampai sekarang. Dan akhirnya, seiring waktu aneka tulisan saya banyak tersebar di media cetak dan elektronik.  

Akhirnya, kerja cerdas dan kerja keras sayalah yang menghantarkan saya jadi penulis profesional. Dan saya saat ini, masih terus menulis, bahkan sampai mampu mandiri mengelola dan mengisi rubrik secara rutin di beberapa majalah (cetak) dan media online (www.ardadinata.com , www.insanitarian.com , www.miqraindonesia.com dan menulis ebook di google book ).

Berkah dari menulis itu, tidak berhenti sampai di situ saja. Bahkan, saya juga banyak diamanahi menjadi konsultan penulis di media yang dikelola lembaga pemerintahan, menjadi editor buat majalah dan jurnal, serta rutin mengisi acara seminar maupun pelatihan kepenulisan.  

Media Massa Zaman Now

Media massa zaman now sudah banyak yang bertransformasi ke era digital. Artinya, kita sebagai penulis yang produktif dan kreatif juga harus melihat peluang yang ada dewasa ini.

BACA JUGA:  Kalimat Pembuka Tulisan yang Menarik

Menulis di media massa zaman now (sekarang), sungguh penuh kebebasan dan banyak peluang mendapatkan pendapatan yang lebih cepat sesuai kreatifitas penulisnya. Kalau dulu, saya menulis di media massa itu hanya ke koran dan majalah. Tapi kini media massa yang bisa saya kirimi tulisan begitu banyak dan melimpah. Bahkan, saya bisa melakukannya dengan swakelola sendiri.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!