Inspirasi MenulisMotivasi MenulisTip Menulis

Menulis di Media Massa Zaman Now

Artinya, kita bisa melebarkan sayap kepenulisan kita sesuai dengan peluang media yang ada untuk mendapatkan pendapatan dari aktivitas menulis ini. Ada beberapa peluang yang bisa kita lakukan dengan keahlian menulis tersebut.

Sebagai contoh, dalam memasarkan tulisan di era media zaman now ini, saya menulis dibanyak tempat. Yaitu menulis di media cetak (koran, majalah, dan jurnal); di media elektronik (blog, website, ebook, lomba penulisan, penulisan sponsorship, naskah iklan, jasa pendampingan penulisan buku, penerbitan buku, pelatihan dan seminar dunia penulisan, dll.).

Peluang penulisan itu, tentu masih banyak dan terus berkembang ke depannya. Di sinilah, menurut saya diperlukan seorang penulis yang memiliki jiwa enterpreneur dalam dunia tulis-menulis. Dengan demikian, semua usaha yang kita lakukan dapat berbuah lebih maksimal yang bisa dinikmati oleh para penulis.

Tulisan di Media Massa

Apa pun bentuk media massa itu, intinya isi tulisan di media massa yang dibuat itu harus sesuai dengan fungsi dari media massa tersebut. Secara fungsi, media massa itu memiliki fungsi antara lain: menginformasikan, mendidik, menghibur dan sebagai pengawas sosial.

Arti lainnya, bagi seorang penulis ketika menulis ke media massa, hendaknya memperhatikan dari fungsi media massa. Macam tulisan di media massa ini, ada tulisan berupa fakta (berita, reportase); opini media (tajuk, kolom); dan fakta+opini penulis (artikel opini, artikel ilmiah populer).

Jadi, tulislah tulisan yang berisi informasi bagi orang banyak; tulisan itu harus ada nilai-nilai pendidikan yang disampaikan di dalamnya; sampaikan tulisan itu secara menghibur bukan membebani para pembacanya; dan isi tulisan yang kita buat itu hendaknya bisa menjadi pengingat bagi siapapun terhadap aturan-aturan sosial yang patut dipatuhi (sebagai kontrol sosial).

BACA JUGA:  Bermesraan Menulis dengan Media

Bagaiaman menurut Anda? Semoga informasi terkait Menulis di Media Massa Zaman Now ini bermanfaat. Salam produktif menulis dan sehat sukses selalu!

Akhirnya, saya punya keyakinan, bagi Anda yang sudah membaca tulisan di blog www.ProduktifMenulis.com ini, harusnya sudah termotivasi membuat tulisan sesuai minatnya. Untuk itu, silahkan tulis di kolom komentar ya. Tulisan apa saja yang sudah Anda tulis?.

Arda Dinata adalah Pendiri Majelis Inspirasi Alquran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia. Penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , http://www.produktifmenulis.com, https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

_❤oOo❤_

Anda ingin menjadi penulis sukses, ikuti terus tulisan seputar dunia tulis menulis secara rutin di leman website PRODUKTIF MENULIS di  www.ProduktifMenulis.com ya! Dan Untuk Pemesan Buku Strategi Produktif Menulis Tersebut, Bisa Langsung Klik Obrolan di WhatsApp di bawah Ini:

================================

_❤oOo❤_

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!