Alam Semesta Sebagai Guru Menulis

Guru Menulis

Menulis ini menjadi salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengungkapkan ide atau gagasan, sehingga melahirkan pikiran atau perasaan. Sedangkan pengertian guru itu, secara sederhana berarti sesuatu yang memberikan ilmu pengetahuan (termasuk ilmu menulis) kepada siapa pun.

Jadi, guru menulis adalah seseorang atau sesuatu yang telah memberi kita sebuah inspirasi dalam dunia tulis menulis.Terkait guru menulis, bagi saya alam semesta adalah sebagai sumber atau inspirasi dalam melahirkan tulisan.

Hal tersebut, sudah saya sadari dari awal ketika proses belajar menulis yang telah saya lakoni selama ini. Sebab, banyak ide dan inspirasi tulisan yang dihasilkan itu bersumber dari fenomena alam semesta.

Bahkan, terkait alam semesta sebagai guru menulis itu, saya sampai membuat perkumpulan dengan nama Majelis Inspirasi Al-Quran dan Realitas Alam (MIQRA) Indonesia. Nama itu saya ambil dengan dasar, sejatinya sumber menulis dari Al-Quran, realitas alam, termasuk di dalamnya adalah kehidupan manusia dan binatang merupakan sumber inspirasi menulis yang tidak akan habis dijadikan sebagai sumber tulisan.

Arti lainnya, guru menulis ini bisa didapatkan dari fenomena dan kejadian di alam semesta itu. Apa yang terjadi di jagat raya ini, saya meyakini telah melahirkan begitu banyak aneka bentuk tulisan. Mulai tulisan puisi, karya sastra, dongeng, buku, laporan, artikel dan jenis tulisan lainnya.

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

One thought on “Alam Semesta Sebagai Guru Menulis

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!