Alam Semesta Sebagai Guru Menulis

Beralih kepada kejadian yang terjadi dalam kehidupan manusia dan binatang atau makhluk hidup lainnya, maka sungguh melimpah inspirasi yang dapat menjadi tulisan utuh bagi siapa pun yang akan menuliskannya. Sebagai seorang penulis yang kreatif, kita dapat menuliskan fenomena kehidupan manusia dan binatang, serta mengambil hikmahnya sebagai pelajaran bagi siapapun yang membaca tulisan itu.

Sumber guru menulis selanjutnya berasal dari inspirasi isi Al-Quran. Al-Quran menurut bahasa berarti bacaan atau yang dibaca. Menurut istilah, Al-Quran adalah wahyu Allah SWT yang diturunkan kepada nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril sebagai petunjuk dan pedoman bagi umat manusia.

Sungguh banyak ide, inspirasi dan tematik tulisan yang dapat kita tulis berdasarkan isi dalam Al-Quran tersebut. Inilah sumber inspirasi menulis yang tidak akan habis untuk bahan tulisan yang bisa dikaitkan dengan masalah yang terjadi dalam kehidupan manusia.

Lalu, bagaimana cara menuliskannya? Sungguh bagi siapapun bisa menuliskan ide dan inspirasi dari alam semesta dan realitas alam serta kehidupan manusia tersebut sesuai kapasitas keilmuan penulisnya masing-masing.

Tulislah ide dan inspirasi yang didapat lewat alam semesta itu menjadi bahasa tulisan. Sebab, menulis itu tidak lain adalah aktivitas menggunakan gagasan melalui media bahasa. Tulislah apa yang dilihat, dirasakan, diraba, menyentuh hati dan pikiran itu seperti kita menjelaskan atau bercerita pada lawan bicara saat mengobrol.

Lewat bahasa tulisan yang terucap dalam hati. Tulisan yang kita tulis akan mengalir, mudah dipahami, dan isi tulisannya sampai pada pada pembaca karena mudah dipahami. Jadi, tulislah seperti yang dirasakan oleh panca indera kita!    

Bagaiaman menurut Anda? Semoga informasi terkait alam semesta sebagai guru menulis ini bermanfaat. Salam produktif menulis dan sehat sukses selalu!

Arda Dinata

Arda Dinata adalah penulis buku Strategi Produktif Menulis dan penulis kolom di https://insanitarian.com/ , https://ardadinata.com/, dan https://www.miqraindonesia.com/

One thought on “Alam Semesta Sebagai Guru Menulis

Tinggalkan Balasan

A Group Member of:
Toko SosmedToko SosmedToko SosmedWWW.ARDADINATA.COMWWW.ARDADINATA.COMInSanitarianMIQRA INDONESIA


error: Content is protected !!